Kamis, 03 Februari 2011

7 Web Browser Terpopuler di Dunia

Web Browser merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web Browser adalah jenis agen pengguna  yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

Berikut ini adalah 7 Web Browser terpopuler di dunia

1. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox merupakan web browser terpopuler # 1. Hal ini disebabkan karena kestabilan Mozilla dalam berselancar didunia maya. Mozilla Firefox juga memiliki banyak fitur-fitur tambahan yang memudahkan user berselancar. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapat penerimaan masyarakat dalam skala sebesar.



2. Microsoft Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, hal ini disebabkan karena Internet Explorer diikutkan sebagai penjelajah web bawaan (default) di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

Download Internet Explorer 8 untuk Windows XP silahkan Download Disini dan
Download Internet Explorer 8 untuk Windows Vista silahkan Download Disini.

Perlu diketahui jika anda ingin menginstal Explorer 8 ini,Windows XP anda harus Genuine alias gak kelihatan bajakan hehehe,karena kalau ternyata setelah di cek windowsnya gak genuine maka IE 8 ini tidak bisa di instal,Bagaiamana biar Windows XP punya bisa Genuine atau asli,ya anda harus menggunakan Serial XP yang Genuine tentunya.Oke dah cukup sekian dulu semoga bermanfaat buat bagi anda pengguna windows XP dan Vista.

3. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh penjelajah web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar browser komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME.

Download Opera Untuk Windows, KLIK DISINI
Opera Mini & Opera Mobile, Download Disini

4. Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.


5. Konqueror 
Konqueror adalah sebuah browser web untuk sistem operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan untuk menjelajah web, Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal. Selain mendukung fungsi standar itu, Konqueror juga mendukung tabbed browsing, shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah ke sejumlah besar nama browser, misalnya Mozilla Firefox, dan lain lain.

Download Konqueror untuk Linux Disini

6. ChromePlus
ChromePlus merupakan browser pendatang baru yang saat ini sedang booming, buatan Google. ChromePlus memiliki semua fungsionalitas bahwa Google Chrome telah. Lebih, ChromePlus menambahkan beberapa fitur berguna seperti isyarat Mouse, drag Super, IE tab, dll Sementara itu, ChromePlus bebas tanpa batasan fungsi dan Anda dapat menggunakan ChromePlus untuk berselancar internet dalam hal apapun.

ChromePlus Version: 1.4.2.0 (for Windows) => Download Disini 
ChromePlus Version: 1.3.3.3 (for Linux) => Download Disini


7. Netscape Navigator
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer  dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

Pada tanggal 1 Maret 2008 AOL menghentikan dukungan untuk Netscape Navigator  dan kemudian menyerahkan kendali Netscape sepenuhnya kepada Mozilla Foundation.

Downloaad Netscape Navigator 9.0.0.6


Sumber: http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar: