Kamis, 03 Februari 2011

9 Cara Meningkatkan Traffik Blog



1. Blogwalking

Blogwalking maksudnya mengunjungi suatu blog dan mengisi buku tamunya lalu pergi ke blog yang lain, dan mengisi buku tamu lagi blog yang anda kunjungi dan begitulah seterusnya. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan pengunjung baru ke blog anda, selain blog anda terindeks oleh mesin search engine google.

2.Update Secata Rutin
Rajin-rajinlah menambah tulisan (update) di blog anda. Usahakan agar tulisan anda tersebut up to date tiap hari, kalau tidak bisa tiap hari, tiap minggu, tidak bisa juga tiap bulan, yang penting isi blog anda itu update terus dan hasil karya sendiri (tidak mengcopy-paste dari blog lain). Sebab klo anda copy paste dari blog lain, maka google akan kesulitan buat mengindeks blog anda. Dengan semakin banyak postingan anda maka semakin banyak pula kesempatan halaman postingan anda tersebut terjaring oleh mesin pencari seperti google, yahoo, dll.

3. Forum
Bergabung dan ikutilah diskusi-diskusi di forum-forum yang sesuai dengan tema blog anda. Kemudian promosikan blog anda, tapi jangan sampai nge-SPAM. Salah satu forum diskusi paling populer di Indonesia adalah KASKUS.us. Dapatkan trafik dari sana dengan menjawab setiap pertanyaan2 mereka.

4. Daftarkan ke Search Engine
Kalo ini wajib hukumnya. Daftarkan blog anda ke berbagai search engine utamanya Google, Yahoo dan MSN agar blog anda terindex oleh mesin pencari.

5. Meta Keywords yang Cantik
Edit template blog anda dengan memberi meta keywords pada title, keywords dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO.

6. Tukeran Link 
Cara ini cukup populer dan sering digunakan dikalangan blogger. Tukar link dengan blog lain terutama yang mempunyai tema yang sama akan cepat menaikkan peringkat traffic blog anda di mata search engine dan akan membawa pengunjung.

7. Subscribe Feedburner
Gunakan layanan feedburner untuk pengunjung yang ingin berlangganan artikel blog anda via email. Ini menjaga pengunjung blog anda agar selalu tahu tentang update blog anda dan menarik mereka kembali mengunjungi blog anda.

8. Gabung di Site Social Networking
Join ke berbagai site social networking atau jejaring sosial dan tempatkan link blog anda di profil, bulletin atau apa saja yang memungkinkan. Berbagai jejaring sosial populer dunia dapat anda ikuti seperti myspace, facebook, friendster dan sebagainya.

9. Link Internal
Link postingan anda antara yang satu dengan yang lain yang mempunyai topik sama. Kalo bisa gunakan anchor text yang relevan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO.





By Rianto Kurniawan

Tidak ada komentar: